Jumat, 27 Desember 2013

Everlasting Love, Tentang Cinta yang Akan Selalu Ada

What to read on this long long holiday, Emaks? #etapi_gue_tetep_ngantor_seperti_biasa_sih #emang_siapa_yang_nanya?
Gue punya referensi bagus, nih. Baru beli pas kopdar sama Yeye dan Sofi. Kumpulan kisah emak terbitan Gagas Media, judulnya Everlasting Love. Kenapa buku itu? Alesannya sederhana, ada tulisan Gita Romadhona dan gue udah suka tulisannya sejak kami masih kuliah di fakultas yang sama (iya, dia temen gue :D)
Sebetulnya agak-agak deg-degan gimana gitu baca-baca real stories tentang suka-duka emak. Gue ngeri di-bully. Aselik. Sebagai emak yang ngelahirin cesar, ngasih sufor pulak, baca-baca buku kayak gini sebetulnya bikin gue defensif duluan. 
Gue tuh tipe emak yang, "Hah? Apa? ASI gue enggak cukup? Segala macem dedaunan dan biji-bijian enggak membantu? Gue jadi stres? Ntar anak gue ikutan stres. Oke. Ayo ke supermarket beli sufor."
Gue juga tipe yang, "Ih, ribet gila bikin makanan bayi pake segala macem panci. Apa? Harganya jutaan? Udah beli aja panci enamel. Selesai."
Kebayang aja gimana rasanya kalo ternyata buku yang gue beli ini isinya adalah perjuangan berdarah-darah seorang ibu memberikan ASIX buat anaknya?
Yang rela keluar jutaan rupiah demi anak?
Yang begini, yang begitu?
Gue pasti langsung menciut kayak yang di film-film kartun itu, hehehe....
Ah tapi sudahlah hay, toh niat gue beli buku kan, untuk menikmati tulisan Gita. Apa lagi, tulisan dia ternyata yang pertama. Lanjut baca kisah yang kedua. Ketiga. Dan seterusnya.
Kesan gue terhadap buku ini pun berubah drastis karena sejak pertama pun, Gita udah membagi kisahnya tentang anaknya yang terpaksa cesar, padahal selama ini dia udah memotivasi dirinya bahwa dia sanggup lahiran normal. Ini konek banget sama gue :) 
Cerita kedua dari Lucy Wiryono, tentang cara dia mengkomunikasikan perbedaan gaya didik dengan para nenek. Hayooo.. emaks juga konek pastinya dengan ini, kan? 
Cerita ketiga dari Miund, tentang proses dan pertentangan batinnya untuk kembali kerja setelah melahirkan, dan apa keputusannya.
Terus dari Stella Ang, persiapannya menghadapi bayi.
It Takes Two to Tango dari Smita Diastri, tentang gimana "asyiknya" begadang saat bayi baru lahir, dan bahwa anak sudah bisa diajak diskusi lho, begitu dia bisa berkomunikasi (sekitar usia dua tahun).
Waktu baca cerita Windry Ramadhina (iya, Des, Windry yang nulis Orange yang lu suka banget itu :D) gue langsung nyess... gitu. Persis. Persis kayak gitulah rasanya waktu gue baru resign pas umur Nadya setahun. Aaaaaaaaaaaaaa.. pengin peluk Windry rasanyaahhh.. xD *mendadak sok akrab*
Lalu, ada surat dari Meira Anastasia untuk anaknya, Sky. Bagus banget deh buat para ibu beranak tunggal (menurut gue, ya).
Dan favorit gue, gongnya ada di tulisan Laila Achmad, oh my... gue suka bangeeeeeeeeeeeeeettt..  
Kualatnya persis sama kayak gue yang waktu masih perawan sering ngrasanin emak-emak yang, menurut gue, jauh banget dari versi ideal. Dan bahwa gue kelak akan jadi emak dengan kriteria tertentu. Begitu gue jadi emak ... oke. Persis seperti emak yang sering gue hina-dina itulah gue menjelma. Aih, Laila. Akuh padamuh pas baca tulisan ini.
Btw ternyata Laila ini orang yang sama dengan pemilik blog ini. Kalo lo siap dengan pemikiran yang enggak mainstream, mampir ke sana, ya :)
Tulisan berikutnya dari Nia Nurdiansyah. Sounds familiar? Iyalah. Dese termasuk nominasi Srikandi Blogger 2013, hehehe.. 
Terus, ada pola komunikasi yang diterapkan Ninit Yunita ke anak-anaknya yang cowok semua itu. Terakhir, cerita dari Alit Tisna Palupi yang mengajari anaknya bereksplorasi sambil berlibur.

Seneng banget karena ternyata hampir semua ceritanya ngeklik sama kehidupan gue dan gue sama sekali enggak merasa di-bully. Penceritaannya ringan, porsinya juga berimbang, dalam arti enggak ada bagian yang mengelu-elukan "jenis-jenis ibu ideal tertentu", misalnya, if you know what I mean :)
Karena semua ibu itu sama, sama-sama mengusahakan yang terbaik bagi anak(-anak) mereka :)

Judul: Everlasting Love
Penulis: Alit Tisna Palupi, dkk.
Editor: Patresia Kirnandita
Penerbit: Gagas Media, 2013


38 komentar:

  1. ah ngomongin buku.. tadinya pas liburan ini rencananya pengen baca buku divergent. tapi apa daya liburannya udah jalan hampir separuh tetep belum sempet juga baca itu buku...

    BalasHapus
  2. @Arman Hihihi.. gpp, Ko. Ah, jadi ngrasa bersalah deh sama Ko Arman :D

    BalasHapus
  3. Pas!

    Pas lo posting ini, tar sore gw mau mampir ke gramed. Gw kmrn sempet mau beli tp gw lupa judulnya apa buku yg lo beli itu. Mau WA lu lupa gw nya hahaha

    BalasHapus
  4. Jadi pengen baca buku ini Del...
    Yang nyeritain soal bapak-bapak ada gak sih?

    BalasHapus
  5. @danirachmat Kurang tau juga, Dan. Gimana kalo lu jadi pioneer? ;)

    BalasHapus
  6. @Yeye Alhamdulillah kalo pas, Mak :)

    BalasHapus
  7. dan ayu keracunan lagi gegara review mba della
    tanggung jawab mba
    #sodorin celengan minta diisi

    BalasHapus
  8. aku sedang butuh buku seperti ini kayakya :p

    BalasHapus
  9. Waahh... ini sih bikin saya mupeng beli deh.. :D

    BalasHapus
  10. Dari judulnya "Everlasting Love" saya kira tadi isinya RESENSI lagu dari GERALD JOLLING :))

    "Everlasting Love" itu juga sebuah judul lagu yang dinyanyikan oleh GERALD JOLLING :))

    BalasHapus
  11. dan sekarang ada lomba nulis Everlasting Woman by DivaPress :))
    *komennya nggak nyambung*

    BalasHapus
  12. hihihi masih inget aja lo mak gue demen banget ama novel orange..;p

    ahhh kayaknya gue juga harus baca buku ini deh..apalagi yang menyangkut emak2 kaan..gue bangeet gitu looh..;p

    BalasHapus
  13. Bs dimasukkan dalam wishlist buku bulan depan, stidaknya sblm ngrasain jd ibu bnaran, bc pngalaman orng dl ;)

    BalasHapus
  14. saya tidak tau jadi ibu seperti apa saya kelak.. #sedih, itupun jika saya memang diamanahi utk menjadi seorang ibu.. #tambahsedih

    BalasHapus
  15. pingin baa juga buku itu, ada yang mau kirimin gratis gak ya hhehehe.

    BalasHapus
  16. buku ini sepertinya bagus, berapa ya harganya??

    BalasHapus
  17. wah, aku belum kepikiran jadi ibu... tapi boleh juga baca bukunya, siapa tau jadi "kepikiran", hahaha :D

    BalasHapus
  18. pantesan pas mau minjemin buku ini ke gw, eh bukunya diminta lagi kkkkkkkkkk

    BalasHapus
  19. nah, penasaran saya sama isi bukunya. Abis kayaknya debat normal vs caesar, dll seperti debat kusir tanpa akhir :D

    BalasHapus
  20. Ibu ideal ya? ehm... melipir. :))

    Gw bukan emak2 ideal, Del. Tenang aja. Dosa gw ke anak gw banyak, kok. Yang gw lakuin cuma: kalo dulu ibu gw begini dan gw gak suka, berarti gw gak akan begitu ke anak gw. Dalam artian positif lah hai.

    Buku apa yg terakhir gw baca yak? kayaknya buku terkait kerjaan. hahaha. Tp coba elu tanya film korea apa yang baru gw tonton. Pasti update banget gw. :p

    BalasHapus
  21. @Miss Rochma Aku baru denger, Mak. Makasih ya infonya :)

    BalasHapus
  22. @Desi Gue mah inget terus, Des :D
    Iya baca gih :p

    BalasHapus
  23. @rhey bond Iya bener, pengalaman kan gk berarti harus ngalamin dulu ya, bisa belajar dari pengalaman orang lain :)

    BalasHapus
  24. @Riski Fitriasari Aduh Mak, maaf ya kalo bikin sedih.. *puk-puk*

    BalasHapus
  25. @Lidya - Mama Cal-Vin Panggilan kepada bapaknya Aa dan Ade, ditunggu Mbak Lid di toko buku :D

    BalasHapus
  26. @health Kalo gk salah harganya Rp54.500,00 deh. Lupa juga, soalnya waktu itu belinya bareng buku laen :D

    BalasHapus
  27. @lindy tomat Iya Ndur, ntar lau mo buru-buru punya anak, kan gawat. Cari bapaknya dulu :p

    BalasHapus
  28. @myra anastasia Gk diperdebatkan kok, Chi. Cuma penceritaannya berimbang aja, makanya seneng bacanya :)

    BalasHapus
  29. @retma-haripahargio Toss lah ya kita kalo pengasuhan anak :D
    Oiya, gue malah sejak The Heirs blom nonton apa-apa lagi, tu.

    BalasHapus
  30. guw kepengen bacaaa, tapi nanti aja kali yak kalo udah jadi emak beneran, daripada daripada kan ya? *apasih* hihihihi

    BalasHapus
  31. wah...akhirnya buku ini ditangan juga :D
    pas denger judulnya tak pikir ini buku teenlet romance tak taunya e e...itu bukan haha

    buku ini makin bikin aku pengen punya baby juga, ajaib banget paling ya rasanya jadi ibu itu???

    BalasHapus
  32. @swords Yup, tak terkatakan :)
    Makasih ya ud mampir ;)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)