Kamis, 19 Maret 2015

(Semoga-ini-semacam) Review: Miss Granny *Spoiler Alert!

https://koreanindo.files.wordpress.com/2014/03/alternative-poster.png?w=533&h=780
Menjawab tantangan Mak Icoel di facebook untuk membuat postingan bau-bau drama di blog setiap hari Kamis, gue pun mencobanya. Moga istiqomah, aamiin..

Yang mo gue review di sini sebetulnya bukan drama sih, tapi movie. Dan oh iya bagi yang baru pertama berkunjung di mari, gue kasih peringatan ya, gue tuh seneng cari spoileran dan gue juga termasuk seneng ngasih spoileran. Jadi, yang nggak suka spoiler, boleh klik tanda X di pojok kanan atas ^^
Judul filmnya Miss Granny, tayang di bioskop Korea tanggal 12 Maret 2014. Ceritanya tentang seorang nenek usia 74 tahun bernama Oh Mal Soon. Suaminya meninggal di medan perang saat dia lagi mengandung anak pertamanya, namanya Hyun Chul. Dia berjuang nyekolahin anaknya itu sampe berhasil jadi profesor gerontologi. Si ibu bangga banget sama anaknya (emang ibu mana yang enggak?). Masalahnya Nenek Mal ini ampun-ampunan dah ah bawelnya, tukang maki, keras kepala, segala macem yang kadang bikin penonton (baca: gue) geleng-geleng kepala.
Nenek ini tinggal sama anak dan menantu plus dua anak, laki dan perempuan. Dia manjain banget cucu laki-lakinya, Ji Ha, yang punya cita-cita jadi pemusik.
Miss Granny
Nenek ini khas nenek-nenek banget sih kalo gue bilang, nonton dia kadang bikin nyess karena inget mama (bukan sifat jeleknya ya, tapi sifat manjain cucu-cucunya).
Nenek ini kerja di rumah makan yang pekerjanya juga para manula, jadi semacam rumah makan khusus untuk memberdayakan manula. Dia kerja bareng Mr. Park. Dulunya Mr. Park ini pelayan di rumah Mal Soon (jadi kayaknya si nenek ini sukses mengangkat kehidupan ekonominya pascaperang. Kalo nggak, masa bisa punya pelayan?)
Miss Granny
 Mr. Park hafal banget drama kesukaan Nenek Mal. Kenapa hayooo..
Miss Granny
Mr. Park alergi persik tapi nggak pernah ngomong ke Nenek Mal. Kenapa hayooo..
Miss Granny
 Mr. Park, setia banget nganter Nenek Mal ke mana-mana. Kenapa hayooo..

Suatu hari, ada sebuah peristiwa yang bikin Nenek Mal sediiiiihhh banget (nggak gue kasih spoiler ya sedihnya kenapa, soalnya gue ini spoiler spesialis ending, oooohohohoho.. spoiler kok bangga..) Dia pun berjalan tak tentu arah tersesat dan tak tau arah jalan pulang. Terjadilah peristiwa ini.
Miss Granny
Dia ngeliat studio foto Forever Young dan didorong oleh rasa mellow-nya, dia pun memutuskan untuk bikin pasfoto terakhir buat pemakamannya (hiks.. sedih..)
Kata si juru foto, "I'll make you look 50 years younger."
And he did it!
Lucu banget deh pas nenek muda yang diperanin Shim Eun Kyung dalam proses dari sadar kalo dia muda lagi sampe akhirnya dia memutuskan untuk menikmati kemudaannya itu. And why not? Toh tabungan juga melimpah.
Dia ganti nama jadi Oh Doo Ri, diambil dari nama Audrey Hepburn, aktris favorit nenek Mal (tau kan kalo orang Korea ngeja Audrey jadi O-du-ri). Ganti penampilan pula, walaupun payungan mah teteup, cara jalannya juga masih, dan mulutnya.. hadeeeeehhhh....
Miss Granny
 Miss Granny
Dan karena yang dia tau Mr. Park nyewain paviliunnya, dia pun ngontrak di sana. 
Sementara itu, ada produser rekaman yang lagi putus asa karena nggak nemu-nemu bakat baru di dunia tarik suara (aih matek pilihan kata gue..). Semacam Mr. Dan di film Begin Again gitulah. Nama produser itu Han Seung Woo, diperanin Lee Jin Wook.
Lee Jin Wook
Aaarrgghhh.. senyum ituh!!!

Udah ketebak, suatu hari Seung Woo denger Doo Ri lagi nyanyi di rumah makan tempat dia kerja itu. Dan saat itu juga ada Ji Ha, cucu Nenek Mal.
Miss Granny
Mereka dua-duanya ngejer Doo Ri, tapi yang berhasil nemuin adalah Ji Ha. Dia emang lagi nyari vokalis dan nawarin Doo Ri. Eh ceritanya bakal panjang nih ya, pokoke pada akhirnya Mr. Park tau siapa Doo Ri sebenarnya. Terus pada suatu hari, kaki Doo Ri luka ngeluarin darah, dan bagian yang luka itu balik keriput. Dia pun tau caranya untuk balik muda adalah dengan mengeluarkan darah dari tubuhnya.
Singkat cerita ya, bandnya lumayan sukses sampe diminta manggung di sebuah acara gede gitulah. Nah, Ji Ha telat dateng karena macet. Akhirnya dia make sepeda orang terus menyusuri jalanan, eh terus ketabrak bus (mau nggak mau scene ini mengingatkan gue sama One Day-nya Anne Hathaway). Dia butuh donor darah. Ketauan ya ke arah mana ni cerita mo berujung. Di sini gue mulai teriak-teriak dalam hati, "Tidaaaaaak...! Jangaaaaaannn...! Cari aja donor laen napahhhh????"
Nggak rela aja gue, sementara Doo Ri udah nemu kebahagiaannya, akhirnya bisa jatuh cinta lagi, eh terus dia harus balik tua lagi gituh????  
Tapi ya emang harus gitu. Dia ngedonorin darah buat cucunya. Padahal anaknya aja udah mohon-mohon supaya nggak usah. Dia minta ibunya jangan berkorban lagi buat cucunya setelah dulu berkorban buat anaknya. Dia mohon ibunya cari kebahagiaannya sendiri. (Aku mendukungmu 100%, Hyun Chul!)
Sayangnya si nenek ini emang nenek sejati ya, dia tetep kekeuh ngedonorin darah. Balik tua lagi.
Udah? Gitu aja? Belom dong.
Ini endingnya. Mr. Park nemuin studio foto Forever Young ^^
Kim Soo Hyun
Oooohohohohohohohohoho.. *ketawa puas*
Eh gimana, gimana? Nyesel bacanya? Kan udah gue bilang, spoiler alert.
Bonus nih, lagu yang paling gue suka dari film ini ^^
Kesan gue tentang drama ini:
1. Gue suka konsep rumah makan manula itu. Tau kan kalo di kopaja Jakarta tuh sering dinaekin tukang-tukang palak yang selalu bilang susah nyari kerjaan makanya mereka minta-minta. Cih. Perlu gue geret ke pengkolan deket kantor gue kali, di situ ada bapak-bapak tua yang jadi sopir bajaj, ada tukang parkir, ada yang tukang anter galon. 
2. Sebetulnya gue nggak suka Shim Eun Kyung, menurut gue cara ngomongnya terlalu dibuat-buat (baca: dia sadar banget kalo dia manis). Tapi ceritanya bagus, ya khas drama komedi lah ^^
3. Lee Jin Wook biarpun rambut-dibelah-samping-culun tetep aja tampak charming. Pake susuk apa ya?

Sejauh ini, moral of the story yang bisa gue tangkep:
1. Mumpung masih muda, coba kembangin potensi. Kalo udah telanjur tua, yuk sama-sama kita cari studio fotonya *evil grin*
2. Walau gitu, usia tua bukan penghalang untuk tetep kerja (tapi tetep nggak tega sih ngeliatnya..)
3. Kebahagiaan kita penting
4. Kalo mo ngebut di jalanan, jangan naek sepeda

18 komentar:

  1. Kalo endingnya ada dede soohyun aku sdh tahu dri interview di entertainment weekly. Ayo coba lagi kasi spoiler lain *nantangin*

    Ebtw, tulisannya lengkap banget sumbernya dari bahasa Inggris gak nih? *LALU GW DILAPORIN DI GRUP, DIBAHAS DI TWITTER, DI KECAM DI WA*

    ��������

    BalasHapus
  2. Si Vita komen pertamax cuman buat curcol :)))) *gue suka gaya lo*

    Delllaaaaa...kita cari yoooookkk itu studio poto!!! Biar gue pantes bersanding ama Jung Kook elu ama Min Woo gituh!

    Btw ni film kayanya cocok yah gue puter di wisma lansia yayasan tempat gue gawe..hahahaha...buat motipasi oma-opa nya gituuu... *dan mereka menyeret gue cari studio* :)))

    BalasHapus
  3. @Besty Utie

    Uthie.. tolong deh, jangan racuni lansia2 itu dgn korea2an. Kasian mrk sudah lelah. Atau jangan2 kamu mau rekrut member baru nih buat #GenKdrama ? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gitu sih Vit..daripada gue bosen nemenin mereka nnton india, apa salahnyaaa coba kalo gue rada2 membelokan persepsi mereka ttg film. Hahaha... lagian film ini inspiratif sekali...sapa tau gitu mereka jadi semangat bikin telor asin dan menronce nya *loh!* hahahaha

      Hapus
  4. @Vita Masli Wkwkwkwk.. sabar Vit, sabar. Orang sabar disayang bapaknya triplets ^^

    BalasHapus
  5. @Besty Utie Ehmmm.. kayaknya gue berubah pikiran. Gue cari sendiri aja deh tu studio foto, nggak ngajak-ngajak elo xD xD

    BalasHapus
  6. @Besty Utie Et dah, ni malah pada ngobrol di lapak orang.. (-_-")

    BalasHapus
  7. Hehe....aku belum nonton Della...mau intip2di gooddrama...senyum Lee Jin Wook.memang menawan yaaak...ini happy ending apa sad ending yaa...
    .

    BalasHapus
  8. Kyknya ini ide2 time travel juga sih yaa ;)

    BalasHapus
  9. @Ladyinthemirror Sad ending buat Jin Wooknya, Mbak.. :'(

    BalasHapus
  10. kaga perlu anti aging apapun yak..tinggal ke studio foto itu aja..hihihihi
    lengkap banget mak spoilernya.. :,D

    BalasHapus
  11. aku juga penggemar berat spoiler :)

    BalasHapus
  12. Mr park nya ganteng jg yak jdnya hahahaa

    BalasHapus
  13. aiiih ada kim soo hyunnya :D :D

    BalasHapus
  14. ooh jadi ada tantangan nulis drama korea ya tiap kamis. Siap-siap deh aku kena racun juga untuk nonton :)

    BalasHapus
  15. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  16. sepertinya memang korea sedang naik daun di Indonesia ya.... hehe

    BalasHapus
  17. Drama korea ini candu hehehe. Kalo dah nonton ngak mau berhenti :-)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)