Senin, 01 Juli 2013

Novel Meragu dan First Time in Beijing

Sebetulnya, etis enggak sih, editor nulis review tentang novel editannya? Hehehe....
Gpp lah ya, anggap aja etis (maksa)

1. Meragu - Indah Hanaco (Bukune, 2013) 

Penyuka novel romantis kayaknya pernah denger nama ini, ya. Atau mungkin malah penggemarnya. Indah Hanaco adalah penulis yang cukup produktif. Kalo enggak salah, novel kedua belasnya berjudul Cinta Empat Sisi baru aja diterbitin Grasindo. CMIIW.
Meragu ini sendiri berkisah tentang Priska, seorang perempuan yang jago banget bikin brownies. Dia udah lama banget pacaran, tapi pacarnya itu enggak nunjukin tanda-tanda mau menikah. Saudara-saudara Priska yang gerah melihat situasi itu pun berinisiatif mengenalkan Priska dengan seorang cowok bernama Leon yang foto dan biodatanya mereka lihat di biro jodoh. 
Ternyata yang pasang iklan di biro jodoh itu bukan Leon, melainkan kakak perempuannya. 
Udah gitu, Leon ini ternyata duda beranak satu. Selain itu, orangnya arogan banget.  Setiap Priska ktemu Leon, pasti ujung-ujungnya berantem.
Pembaca mungkin akan merasa kalo Priska ini seperti punya dua kepribadian ya, kalo lagi sama pacarnya, dia gimana. Kalo lagi sama Leon, dia gimana. Tapi belakangan akan ketahuan kok, apa alasannya.  
Udah ya, segitu aja review-nya. Khawatir spoiler, wkwkwk....
Menurut gue, yang menyenangkan dari baca novel-novel seperti ini adalah, begitu si tokoh utama cowok muncul, sebetulnya kita udah tau ending-nya. Mereka pasti jadi, ya kan? Tapi prosesnya itu lho, prosesnya itu kan, yang kita nikmati? :)
Meragu juga kayak gitu. Ceritanya mengalir manis, khas drama romantis. 

2. First Time in Beijing - Riawani Elyta (Bukune, 2013)
Novel ini merupakan bagian dari Seri Setiap Tempat Punya Cerita. 
Berkisah tentang Lisa yang tinggal bersama ayahnya setelah kematian ibunya. Ayahnya tinggal di Beijing, orang asli sana. Menikah dengan ibunya yang orang Indonesia, tapi kemudian bercerai dan si ayah kembali ke negaranya. 
Novelnya bercerita seputar keseharian Lisa, bagaimana dia harus beradaptasi dengan keluarga barunya, juga dengan posisi barunya sebagai calon penerus ayahnya, sang pemilik restoran, padahal Lisa sama sekali enggak bisa masak. 
Terus juga gimana sulitnya dia belajar bahasa, dan kisah cintanya dengan Daniel. 
Alurnya lambat sih, tapi mungkin juga itu ciri khas penulisnya. Konfliknya dibangun pelan-pelan. Dan kisah cintanya manis banget, enggak terlalu banyak adegan gimana-gimananya (FYI, gue enggak terlalu suka novel yang adegan cintanya gimana-gimana, sih. Mungkin karena gue orangnya agak kolot :p) 
Btw, waktu novelnya dikirim ke gue via e-mail, gue sama sekali enggak tau siapa penulisnya. Kebijakan penerbit sih, kayaknya. Mungkin supaya editor bisa mengedit sekejam-kejamnya semaksimal mungkin, enggak pandang siapa penulisnya.  Makanya pas terbit, gue tersanjung banget. Indah Hanaco dan Riawani Elyta, gitu lho!   
Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan Bukune jadi gue bisa mengedit novel-novel keren ini  :)
Ditunggu orderan berikutnya, yaaaaaa...! #terKODE





























41 komentar:

  1. Wih, enak juga kalo nggak tahu penerbitnya. Bisa semena-mena ngedit-nya *eh

    Kalo penulisnya udah kenal kan bisa jadi ada ekspektasi tertentu, misalnya mikir, "Ah, karya si A pasti udah bagus EYD-nya," atau "Ah, si B ini pasti nggak ada plothole-nya," dst. Jadinya nggak terlalu teliti ngedit-nya. *halah, Milo sok tahu, kaya pernah jadi editor aja*

    BalasHapus
  2. enak ya jadi editor... jadi bisa baca novel terus... hahaha.

    BalasHapus
  3. Wahh keren ya.. bisa baca tulisan bagus sebelum diterbitin ^^.

    BalasHapus
  4. Jd pengen baca novel hasil editan lu mak hehehhee

    BalasHapus
  5. @Millati Indah Iya Mil, bener kok, kalo kita tau siapa penulisnya, jadi ada ekspektasi tertentu :)

    BalasHapus
  6. Duh ssyik banget mba Della, bisa baca novel sebelum diterbitin, apalagi kalo novelnya keren...

    Nyari ah digramedia...

    BalasHapus
  7. Novel gw kapan ya diedit sm lo *mengkhayal siang2*

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. sah aja ah Della ikutan :) aku belum baca nih. duh maaf baru bisa mampir

    BalasHapus
  10. nanti kalo gw bikin novel, tolong editin ya Del? hehehe *kemudian Della bilang : wani piro?* :p

    BalasHapus
  11. @Lidya - Mama Cal-Vin Gpp Mbak, aku juga baru sempet posting ini :D

    BalasHapus
  12. @keluarga Qudsy Hihihi.. u know me so well, Yan xD

    BalasHapus
  13. Yang "First Time in Beijing" sepertinya menarik tuh, Del :-) Karena gue selalu tertarik membaca novel dengan judul yang mencantumkan salah satu nama kota di luar negeri :D (Khususnya Jepang).

    BalasHapus
  14. waahh...lama gak berkunjung ternyata dirimu sekarang udah jadi editor juga ya mak.. ^_^ hebaattt maak !!

    BalasHapus
  15. @pinkuonna Nah, Jepangnya ada, Nong. Judulnya Sakura Wonder, terbitan Gagas Media. Itu juga gue yang ngedit *ehem*

    BalasHapus
  16. @ceritasofi Udah lama, Sof :D
    Cuma baru kepikiran pamernya sekarang, hihihi..

    BalasHapus
  17. isshh gue jadi pengen baca novel meragu itu deh Dell...keliatannya kayak novel orange atau cintapucino gitu kan yaa..? :D

    gue sukaaa cerita2 romantissss.... ahuuyy... ;)))

    BalasHapus
  18. Novel yang Merenung Puls Menggantung gak, Mba. :D

    Bagus semuaaa, harga2? Berapa?

    BalasHapus
  19. @Desi Kalo bandingannya Cintapuccino mah, enggak juga ya, Des :)
    Tapi romantisnya dapet :)

    BalasHapus
  20. @idahceris Harganya bisa ditanya ke om google ya, Idah, hihihi..

    BalasHapus
  21. itu yg first time in Beijing walopun bagian dr seri tp kl baca terpisah2 gak akan bingung kali, ya :)

    BalasHapus
  22. wuih... keren, aku nggak tahu klo mbak Della itu editor... pok pok pok *tepuk tangan*
    berarti mbak Della yang baca novel itu duluan, menjadi org pertama dan ngutak-atik sana sini supaya layak terbit...
    mauuuuuuu ^_^

    BalasHapus
  23. Yang etis ituuuuuuuu kalo editornya bagi-bagi buku Mamaaaaa... :P

    BalasHapus
  24. hoo... nyambi jadi editor ya bu? :D
    eh iya ada yg ngereview bukunya neh... http://luckty.wordpress.com/2013/06/14/review-senja-milik-sandra :D

    BalasHapus
  25. Salam kenal mbak editor:-) selama ini sy baru kenal mbak iwied aja:-) makasih udah ngedit FTIB:-)

    BalasHapus
  26. @riawani elyta Omaygat, penulisnya mampir! *pengsan cantik*
    Aku temennya Iwied, Mbak. Ordernya juga aku dapet dari dia :)
    Aku yang makasih dapet kesempatan ngedit naskah bagus gitu, Mbak. Salam kenal juga :)

    BalasHapus
  27. @Miss U Iya Chi, biar dapur tetep ngebul, nyambi sana-sini, wkwkwk..
    Iya aku juga tau itu reviewnya. Makasih yaaaa.. :)

    BalasHapus
  28. @Suci Mine Alhamdulillah sambilan yang menyenangkan, Ci ;)

    BalasHapus
  29. @myra anastasia Iya Chi, tiap novel beda tokoh kok, dan enggak nyambung satu sama lain. Jadi beli yang mana pun enggak akan bingung :)

    BalasHapus
  30. uwaaa kaka della keren... :")

    hebat kali kaka jadi editor. aku bolak balik ngelamar ga pernah dipanggil. naseb #malahcurcol

    BalasHapus
  31. Della,
    Jadi editor blog gw dong. Biar kalo orang baca blog gw, kesannya elegan, sholehah, welas asih gitu. Bisa kah ? hihihi

    BalasHapus
  32. @Annesya Coba lagi, Nes. Aku juga enggak sekali coba langsung dapet, kok :)

    BalasHapus
  33. @Indah Kurniawaty Kalo kayak gitu, gue juga mau, Ndah :D

    BalasHapus
  34. waduh.. ini mah 'mencuri start' sebelum beredar :D
    kok jadi pengen baca langsung ya... #terKODE juga

    BalasHapus
  35. sebenarnya, intinya itu ada di akhir tulisan gak sih? hehehehe...

    wah....aku kok penasaran sama yang pertama ya....dasar penyuka comrom :)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)