Jumat, 21 Februari 2014

Launching Little Stories

Nah.
Seperti pernah gue bilang di sini, gue tuh suka banget dateng ke launching buku. Apalagi kalo yang launching itu orang yang pernah gue ramalkan akan nerbitin buku (Ramal???!! Udah berasa semacam Mama Loreng :p).

Jadi, tersebutlah pelatihan intensif Lotus Creative yang diadakan oleh Maggie Tiojakin. Ini bukan sembarang pelatihan, soalnya pesertanya harus ngirimin karya dan dari segitu banyak peserta, dipilih lima orang untuk dilatih khusus. Salah satunya adalah Orin, blognya udah pada tau pasti, ya.
Gue inget banget pertama kalinya gue terdampar di blog dese itu tiga tahun lalu dan waktu itu gue langsung googling namanya karena gue kirain gue nyasar di blog penulis novel yang kelewat blom pernah gue baca novelnya saking banyaknya penulis novel di Indonesia ini. Beneran deh. Ternyata belum jadi penulis dan gue ngebatin, "Dia pasti bakal nerbitin buku." Padahal yang waktu itu gue baca adalah posting tentang cerita sehari-harinya gitu. Soalnya, menurut gue ya, dia itu udah punya gaya penceritaan sendiri. Kebayang dong gimana takjubnya gue pas baca tulisan fiksinya :)
Dan gue resmi langsung jadi salah satu fans-nya ;)
Nah, sekarang, yuk baca ocehan gue tentang Little Stories :D
Little Stories di-launching hari Kamis, 20 Februari 2014 di Kinokuniya Plaza Senayan, pukul 17.00-19.00 WIB. Ini adalah buku yang merangkum cerpen-cerpen hasil pelatihan intensif dari kelima orang terpilih tadi. Mereka adalah (berdasarkan alfabet): Adeste Adipriyanti, Faye Yolody, Rieke Saraswati, Rinrin Indrianie, Vera Mensana.
Ada empat kategori latihan: dua cerpen berdasarkan tema yang ditentukan, satu cerpen berdasarkan prompter (kalimat awal yang telah ditentukan), dan satu cerpen dengan tema bebas. 
Di sini kelihatan deh bahwa tema boleh sama, tapi di tiap kepala, tema-tema itu akan jadi cerita yang sama sekali beda, mulai dari plot sampai eksekusinya. 
Menurut gue, buku ini multifungsi. Buat para penikmat sastra, buku ini bisa dianggap kumcer semata. Buat mereka yang lagi latihan nulis, buku ini bisa dijadikan bahan latihan, cara melihat sudut pandang, cara menyusun plot, membangun ketegangan, dll dll. Bahkan kita juga bisa coba menulis berdasarkan tema yang diberikan untuk melihat sejauh mana kita mampu :)
Semua orang juga tau bahwa penulis yang baik harus banyak membaca, ya kan ya kan :)
Congrats buat Orin dan bukunya. Nanti undangan berikutnya launching novel ya, oke? Oke! ;) 
Hmmmm... abis ini diundang ke launching siapa lagi, ya? ;)

Judul :  Little Stories
Penulis :  Adeste Adipriyanti, Faye Yolody, Rieke Saraswati, Rinrin Indrianie, Vera Mensana
Desain Sampul :  Staven Andersen
Penerbit :  PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit  :  2014
Tebal  :  255 hlm.
ISBN :  978-602-03-0190-7
Harga :  Rp55.000,00 *harga sewaktu-waktu dapat berubah* 
  
Dateng telat soalnya baru jalan dari kantor jam lima. Kebagian duduk di belakang, deh.. T^T
 Blur is the new focus. Belom pada tau, kan?
Orin dan fans merangkap Mama Loreng :p
 Bagian yang paling gue suka dari hadir di launching. Khusus buat gue seorang ;)
Berhubung Plaza Senayan ini deket dari kantor Mak Yani, kami kopdaran bentar deh sambil nyetarbaks, mumpung lagi diskon 57% pake CC BCA, hehehe.. 
Dan gue ditraktir, dong. Tengkyu ya, Mak ;)

38 komentar:

  1. *comot gelas starbuck yang hazelnut*
    hihihi...gue jadi pengen starbuuckkk deeeh..
    mak Yaniii..traktirr akuuh doong #loh ;p

    gue juga seneng kalo punya buku yang di tanda tangain langsung ama penulisnya..kayaknya gimanaaa gitu yaa..
    same feeling waktu gue liat ada tanda tangan lo di buku sitti hawa ama senja milik sandra ituu... ;))

    BalasHapus
  2. gue melewatkan momen lonching buku salah satu penulis favorit gw jugak Mak Del. Huhuhu. Padahal dah niat dari jauh-jauh hari banget. Huaaaaaaa.
    Seriously, you two are my -i know the daily life from their blog- favorite writers. Tulisan kalian keceh! Gak sabar pengen beli bukunya deh.

    BalasHapus
  3. Wihihihi tosss Mbak. Aku juga seneng banget dateng launching buku, dapet pengetahuan baru dari talkshownya biasanya.
    Selamat yaaa buat Mbak Orin!! Semoga abis ini launch novel!!

    BalasHapus
  4. Della,
    Nah, Kalo menurut terawangan loe nih ya, diantara gw, Yeye, Desi, sama Dani, manakah yang duluan GO Internasional ke Hollywood ? *deg-degan menunggu hasil terawangan mama Della Loreng*
    Jawab yang jujuuuur yaaaa...

    BalasHapus
  5. hahaha ngakak komennya mba indah, ikutan ah diramal juga, kalo aku kapan kurusnya *pertanyaan yang ga jelas* *tetep nunggu jawaban mama della loreng* :))

    BalasHapus
  6. seneng ya bisa ke launching bukunya orin...

    trus endingnya dapet traktiran pula. hahaha.

    BalasHapus
  7. Kalau baca fiksinya Teh Orin, kadang suka bacar ulang2 karena gak mudeng2. Sangking dodolnya gueeh, Mba Del. :D

    Sukses buat Teh Orin dan Fansnya. :D

    BalasHapus
  8. Whoaaaaa,...
    iyaaaa, kemaren sempet liat poto2nya di FB acara launching ituh...

    Ternyata dikau dateng juga Del?
    Asyik sekaliiii!

    Aku pun terkagum2 dengan cara Orin merangkum cerita lho, suka ada twist ending nya gituh...

    Nanti juga bakalan beli bukunya aaaah :)

    BalasHapus
  9. ramalin aku apakah aku akan nulis buku juga doooonk

    BalasHapus
  10. Deeeel.... tengkyu ya lo udah nyempetin dateng. dan seperti yg gw tulis di buku, thank you for believing in me, even di saat gw sendiri ragu kalo gw 'bisa' nulis heuheu.

    *ketjup*

    BalasHapus
  11. selain piawai menulis, ternyata Della pun pandai meramal :D

    BalasHapus
  12. ah, gw pengen jugak datang tapiii en tapi gue gak bisa dateng.

    ah, ramalan lo bener ya cyiin...

    kalo elo ngeramal gue jadi apa?

    btw, oriiiin, sedikit impian lo udah kesampean...congrats, gue belajar bgt dari tulisan orin dan elo del!

    BalasHapus
  13. kalau dapet buku yang di ttd penulisnya langsung emang seneng banget ya, baru 2 x dapet dan emang rasanya beda banding beli sendiri ke gramed hehehe

    BalasHapus
  14. @Untje van Wiebs TOS jugak!

    satu-satunya launching buku yg pernah ta hadiri adalah bukunya Inggrid W...terus dapat doorprize krn pas sesi tanya jawab, utk penanya dapat hadiah novel.

    Jadinya dapat ttd penulis plus dpt novel gratis deh

    BalasHapus
  15. Selamat buat mbak Orin... punya buku itu keren banget ya mbak Della.

    BalasHapus
  16. pinjem bukunya dong mak...*kemudian disambit sedotan starbak* :)

    eh...beneran gak nyangka yaa kita kopdar singkat sambil ngupi2 cantik :)

    BalasHapus
  17. Aaaakk, aku iri! Pengen meluk Orin jugaaaah!

    Gak sabar pengen beli bukunya :)

    BalasHapus
  18. @Mayya Padahal kan kamu udah duluan, May. Masuk best seller pula di Gramedia :)

    BalasHapus
  19. @danirachmat.com Tengkyu, Dan :) Iya, beli ya, kagak nyesel dah ;)

    BalasHapus
  20. @Untje van Wiebs Yup. Ilmu, doorpprize, dan euphoria yang bikin nagih ^^

    BalasHapus
  21. @dian_ryan Kalo liat di foto, kayaknya kamu emang kurus deh, Yan. Serius.

    BalasHapus
  22. @Arman Iya, ending-nya asyik banget, Ko :D

    BalasHapus
  23. @idahceris Hihihi.. bagus, Dah. Berarti kamu ada niat buat paham. Keep reading! ;)

    BalasHapus
  24. @Bibi Titi Teliti Iya, Teh. Aku tuh asal diundang launching buku dan emang pas bisa, insya Alloh selalu dateng :)

    BalasHapus
  25. @Mila Said Kan udah pernah aku bilang, Mil. Peluang selalu ada :)

    BalasHapus
  26. @puteriamirillis Ya ampun, belajar apa dari tulisan acakadut gue ini, Pu? :D

    BalasHapus
  27. @Ririe Khayan Emang berkesan banget ya kalo ke launching buku, Rie :)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)