Selasa, 24 Juni 2014

101 Guide to Perpustakaan Nasional Salemba

Widih, lama banget ya gue enggak apdet blog. Maaf ya, soalnya di kantor lagi sibuk banget. Pas lagi senggang hari ini, gue pun memutuskan untuk me time ke Perpustakaan Nasional, ohohoho..
Perpustakaan Nasional


Tadinya sama sekali enggak minat bikin postingan tentang ini, etapi tadi ketemu orang yang nanya gimana caranya pinjem buku. Terus agak jauhan dikit gue jalan, ada yang nanya lagi, "Ini perpustakaan kok enggak ada bukunya?"
Ternyata masih ada juga yang belum ngerti tentang 101-nya di sini. So, gue pikir gue mesti bikin sekilas pengantar tentang pernas, ya kan ya kan?
Perpustakaan Nasional Salemba, terletak di Jl. Salemba Raya No. 28A, Jakarta Pusat. Letaknya di sebelah Gedung Departemen Sosial. Kalo dari daerah Slipi, naek 213 turun di seberangnya. 
Kalo naek transjakarta, turun di Halte Carolus. Dari situ jalan kaki sedikit. Kalo naek yang laen, enggak tau deh, hi hi hi..
Gambar pinjem dari sini

Masuk ke dalam, kalo belum punya kartu, bikin dulu. Belok ke sebelah kiri.
Perpustakaan Nasional
 Perpustakaan Nasional
Isi data di komputer depan. Setelah selesai, catat nama dan nomor anggota kamu di kertas yang udah disediakan di dekat komputer, terus masuk ke tempat yang judulnya Keanggotaan itu.
Perpustakaan Nasional
Antre. Kasih kertas yang udah kamu tulisin nama dan nomor tadi ke bapak ini, foto, print kartunya, jadi deh. Enggak sampe satu menit (tadi gue iseng ngitungin :D)
Perpustakaan Nasional
Habis itu, kalo mau pulang silakan, kalo mau pinjem buku, simpen dulu tas dan barang-barang laennya di loker. Ada di sebelah kanan pintu masuk. 
Perpustakaan Nasional
Isi dulu buku tamu, titipin KTP. Nanti kamu akan dikasih kunci loker dan kartu tanda nitip KTP.
Perpustakaan Nasional
 Kunci loker dengan nomer favorit gue ^^
Habis itu, naek lift ke lantai dua. Keluar lift belok kanan. Di sini ada banyak komputer berjejer, khusus buat cari katalog. Catet di kertas yang udah disediain. Kalo enggak ada, minta sama petugasnya. Mereka stand by terus, kok ^^
Nah, dari katalog itu ketauan buku yang kamu mau itu ada di lantai berapa. Buku yang gue cari tadi sih ada di lantai tiga, jadi meluncurlah gue ke sana.
Perpustakaan Nasional
 Perpustakaan Nasional
Ruang bacanya akuh sukakkkk >.<

Nah, di meja depan itu ada tempat naro kertas pinjeman kertas tadi. Setelah ditaro, bapak pustakawannya akan nyariin buku yang disimpen di ruang kaca di sebelah kiri tempat baca itu, Keliatan, kan? :)
Tapi di sini sistemnya cuma boleh baca di tempat. Kalo emang butuh banget, boleh difotokopi di situ. Dan dengan begonya gue lupa nanya berapa harganya per lembar. Errrrrr....
Pantesan aja jam bukanya panjang banget, puas tuh kalo dari pagi sampe sore baca buku di situ.
Insya Allah akan balik ke sana lagi dalam waktu dekat ^^




Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Jl. Salemba Raya No.28A
Jakarta Pusat 10430, Indonesia
Senin - Kamis 08.00 - 18.00
Jumat 09.00 - 18.00
Sabtu 09.00 - 16.00


27 komentar:

  1. Thanks banget Dell, aku belum pernah loh kesana. Gak ngerti juga takut hehehe. btw boleh bawa anak gak sih kalua kesana?

    BalasHapus
  2. Delllaaaaaa....
    Ih, iya banget. Udah bertahun tahun gak apdet blog #lebaydeh.
    Sampai bolak balik didatengin.
    Pusnas ini ternyata cakep banget dan rapi jali gini ya.. dulu pernah ke sini cuma buaaaat... ikut seminar hehe. Itupun udah belasan tahun lalu semasa aku di Jkt.
    Pusda Bandung juga enak lhoo... katanya. Karena aku belum pernah ke sana. Baru liat foto-foto dari temen.

    BalasHapus
  3. Della, thank you infonya ya :-) Belum pernah ke sini n jadi pengen nyoba :-) Apalagi buka juga pas Sabtu, jadi bisa sekalian ngabuburit :-)

    BalasHapus
  4. Deeeeel...
    makasih info nyaaa...
    TApi itu jauh banget di Salemba, perpus yang di bandung atuh laaah...hihihi...

    Etapi...tapi...disono ada novel juga gak deeeel...hihihi...

    BalasHapus
  5. saya belum pernah ke sana. Kalau dibawa pulang takut banyak yang gak balikin kyknya, ya hehe

    BalasHapus
  6. Apa kabar mba Della? lamaa tak jumpa :p
    Perpustakaan sekarang keren-keren yaa, dan indah serta nyaman :)
    ehh tapi aku belum pernah masuk perpus disini :p

    BalasHapus
  7. @Lidya - Mama Cal-Vin Kayaknya bisa deh, Mbak. Kemaren sih ada beberapa anak segede Alvin gitu lari-larian :D

    BalasHapus
  8. @Titi Esti Waduh, jadi gk enak bikin Mbak Titi bolak-balik. Insya Allah abis ini dirutinin posting lagi deh, hehehe..

    BalasHapus
  9. @pinkuonna Simi-simi, Nong. Cuma gue gk tau deh jadwal selama puasa, kayaknya berubah.

    BalasHapus
  10. @Bibi Titi Teliti Ada, Teh. Novelnya banyak dan cukup ter-up date kok ^^

    BalasHapus
  11. @myra anastasia Iya Chi, kayaknya karena takut ilang deh makanya harus baca di tempat.

    BalasHapus
  12. @Nophi Wajib kunjung kalo ke Jakarta, Nov ^^

    BalasHapus
  13. Daftar keanggotaanyabgak bayar ya, Mba?

    Kereen yes perpusnya. . .

    BalasHapus
  14. Di perpus salemba ada komputer yg bisa dipakai anggota untuk buka internet gak kak? Thx artikelnya sangat informatif! :D

    BalasHapus
  15. Eh? keren gitu ternyata yaa, gw pernah janjian doang di depannya sm temen, ga sampe masuk apalagi baca buku qiqiqiqiqi

    BalasHapus
  16. siap meluncurlah kalo gitu, hehhehe dr kmrn gw cuma lewat depannya doang. kmrn sih niatnya nyari temen, tp skrg kykny sndiri bisalah. makasih infonya mb del....

    BalasHapus
  17. datang berkunjung sambil ngabuburit, ditunggu kunjungan baliknya ^_^

    BalasHapus
  18. Wah, sistem daftar keanggotaannya baru nih, lebih canggih...duu sih masih manual, ngisi formulir dia atas secarik kertas pakai pulpen... Dulu ke sana waktu nyari bahan buat bikin tugas2x kuliahan atau bikin esay... yang paling saya suka itu koleksi materi dari tahun jadulnya...banyak banget yang bisa dipelajari...sayang ke sana transportasinya agak ribet dan nggak boleh dibawa pulang...

    BalasHapus
  19. @Azhar Rafiq Wah, saya nggak tau, deh. Maaf ya nggak bisa bantu..

    BalasHapus
  20. @rindrianie Coba masuk, Rin. Bisa lupa waktu :D

    BalasHapus
  21. @felicity Iya kemaren juga saya ke sana nyari majalah dari tahun 1930-an, subhanallah.. ada lho! >.<

    BalasHapus
  22. Manfaatnya luar biasa besar, dan prosesnya ternyata mudah dan cepat ya, Mbak. Sungguh menyenangkan sekali.

    BalasHapus
  23. Wah, aku belum pernah ke sana, mbak :D Karena cuma boleh baca di tempat pasti betah berlama-lama di sana, ya, hehehe :)

    BalasHapus
  24. wah jadi pengen nyoba kesana,sepertinya tempatnya nyaman sekali ya

    BalasHapus
  25. saya dari sana tgl 14/12 belajar otomasi OS perpusnas. sama ke ruang baca sejarah

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)