Selasa, 16 September 2014

Alien Itu Memilihku

Kapan? Kapan terakhir kali gue posting? Juni????!! Ebuset..
Mudah-mudahan posting hari ini jadi penyemangat awal gue untuk kembali rajin posting.


Jadi ya, pas gue tau buku ini tuh enggak lama setelah kelar nonton You Who Come From The Star dan dengan begonya gue pikir buku ini adalah naskahnya yang dibukukan. Enggak salah dong gue mikir gitu, soalnya Feby Indirani, penulisnya tuh pernah menovelkan naskah film Cewek Matrepolis dan Lantai 13. Untungnya gue cepet insaf dan inget kalo Feby juga punya spesialisasi yang lain: menulis kisah nyata dalam bentuk novel yang enak dibaca, kayak Clara's Medal dan I Can (Not) Hear. Sepertinya buku ini pun demikian.
Dan dugaan gue bener :)
Buku ini (atau gue sebut novel? Ada genrenya enggak sih buku kayak gini? Mohon info bagi yang tau, ya) bercerita tentang Indah Melati Setiawan, survivor kanker Ewing Sarcoma. Jenis kanker ini langka ditemui pada orang dewasa. Biasanya kasus ini ditemukan pada pasien anak-anak, tapi Indah mengalaminya di usia 30-an. 
Pada Maret 2009, kaki kiri Indah mulai sering terasa nyeri di kala malam. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan, akhirnya diketahui bahwa Indah menderita Ewing Sarcoma. Indah menjalani perawatan di National University Hospital Singapura, di bawah perawatan Dr. Suresh, dokter yang percaya bahwa kaki penderita kanker ini tak perlu diamputasi, sementara kebanyakan dokter lain akan menyarankan hal itu.
Hari-hari di rumah sakit itu memberikan kesempatan kepada Indah untuk merenungkan kembali tentang makna kehidupan, masa lalu, keluarganya, religiusitasnya, dan banyak lagi. 


Gue pribadi memang suka baca biografi dan novel, makanya ketika kedua genre itu digabung jadi satu buku, gue seneng banget. Informasi tentang Ewing Sarcoma bisa kita dapatkan di sini. Ceritanya mengalir dan manusiawi. Ada kalanya Indah begitu emosional, kadang juga sedih, tapi dia tetap optimis bahwa penyakitnya bisa disembuhkan. Dan keoptimisannya terbukti.
Kanker yang ia sebut Alien itu, berhasil ia kalahkan :)








Judul      :  Alien Itu Memilihku
Penulis   :  Feby Indirani
Penerbit  :  PT Gramedia Pustaka Utama, 2014
ISBN      :  978-602-03-0541-7

35 komentar:

  1. Deeel...
    jadi ini novel atau biografi gitu Del?

    Kalo novel kan fiksi yah, sedangkan biografi emang beneran ada orangnya gitu kan yah?

    Aku baru tau tentang kanker jenis ini lho Deeel...

    Akh, untunglah kalimat terakhir...keoptimisannya terbukti...jadi hepi ending kan yaaaah?

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran...
    Iya ih lama ga baca updatean dari penulis paporit gw. Welcome back. :)

    BalasHapus
  3. Horeee akhirnya ada postingan lagi hihihi

    Dan sukses nebar racun buku bagus...fufufu

    BalasHapus
  4. Allhamdulillah akhirnya balik lagi nih :)

    BalasHapus
  5. Kisah nyatanya bikin sedih ya, mba :(

    BalasHapus
  6. Kanker......kayanya tertarik nih buat baca :)

    BalasHapus
  7. musti nyebrang dulu nih, nyari bukunya...

    BalasHapus
  8. Kisah nyata yang dibukukan biasanya bikin greget pembaca. :D

    BalasHapus
  9. ada biografi yg kepengen gw jadiin novel jg nih Del, tapi susah nulisnya ternyata ya hahahahaha :P

    BalasHapus
  10. lah itu kog ending nya di kasi tau? spoiler bwahahahaa

    BalasHapus
  11. lah itu kog ending nya di kasi tau? spoiler bwahahahaa

    BalasHapus
  12. Abis baca langsung search tentang Ewing Sarcoma...Baru dengar soalnya :-)

    BalasHapus
  13. welcomeee, aaaaak ayo semangat lagi mak :D

    sibuk banget yah del >.<

    BalasHapus
  14. hepi ending ga mak ceritanya ?

    kalo sedih2 ceritanya akuh tak sanggup bacanyaa... huhuhu

    BalasHapus
  15. Jadi teringat buku Huda, Bidadari Cinta Kami. Biografi tentang seseorang yang menderita gagal ginjal. "istimewanya' hanya berselang bulan, kami 'melakonkan' kisah dalam buku itu. Almarhumah istri menghadap Illahi dengan jalan yang sama, gagal ginjal stadium terminal, tak sampai 100 hari sejak pertama kali diketahui penyakitnya. Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun...
    (Maaf, bukan hendak berbagi kesedihan, tapi hari ini adalah tepat 4 tahun kepergian almarhumah. Semoga ridho kami menjadi ridho Allah juga. aamiin.)

    BalasHapus
  16. nanti akhir ceritanya gimana ya hehehe, salam ^_^

    BalasHapus
  17. @Bibi Titi Teliti Itulah, Teh. Aku pun bingung nama genrenya. Mungkin novel-biografi. Tapi yang pasti enak kok dibacanya ^^
    Iya, happy ending ^^

    BalasHapus
  18. @danirachmat.com Ya ampun Dani, lebay ah, masa ngepaporitin gue >.<

    BalasHapus
  19. @Santril Racunnya nggak ada penawarnya lho, Tril :D

    BalasHapus
  20. @rindrianie Iyakah, Rin? Gue minat lho kapan-kapan nulis novel-biografi orang yang masih hidup. Tantangannya ituuuuuu xD

    BalasHapus
  21. @Mila Said Soalnya gue emang suka nebar-nebar spoiler, hehehe..

    BalasHapus
  22. @Suciati Cristina Sebetulnya sih banyakan malesnya, Ci. Ahahahahaha..

    BalasHapus
  23. @abisabila Innalillahi wa inna ilaihi rajiun..

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)