Rabu, 31 Desember 2014

Donor Jantung


Ada satu hal yang pasti terjadi, tapi banyak orang nggak mau membahasnya. Apa hayo?

Yup. Kematian.
Terkhusus untuk hobi gue nonton drama Korea, gue alergi banget sama yang ceritanya sedih-sedih, apalagi kalo sampe ada tokohnya yang meninggal.
Untungnya selama ini, para sineas Korea tuh baik banget. Kita bisa tau ada tokohnya yang  meninggal atau enggak, cukup dari judulnya. Gue udah tau banget deh kalo judulnya:
1. Pake nyebutin musim, pasti ada yang mati. Nggak mesti tokoh utama lho ya, walopun kebanyakan sih tokoh utamanya.
Contoh: Winter Sonata, That Winter the Wind Blows, dan ternyata oh ternyata, gue baru tau kalo judul lain dari Endless Love adalah Autumn in My Heart! Coba ya itu!
2. Pake ada heaven-heavennya.
Contoh: Tree of Heaven, Stairways to Heaven.
3. Menghitung hari.
Contoh: 49 Days, A Thousand Day's Promise.
4. Udah pasti mati.
Contoh: Mr. Goodbye, Sad Love Story.
5. Mungkin yang udah lebih berpengalaman di bidang perdramakoreaan bisa nambahin:D

Trus kenapa dengan bodohnya gue nonton My Spring Days?????!!!!
My Spring Days
Di situ udah jelas disebutin nama musim dan ada menghitung hari juga!
Ceritanya tentang Bom Yi (dalam bahasa Korea, Bom Yi artinya spring) yang lima tahun lalu dapet tranplantasi jantung. Seperti biasa, identitas pendonor pasti dirahasiakan ya, tapi somehow Bom Yi tau pendonornya berasal dari Pulau Udo. 
Bom Yi ini kerja sebagai ahli gizi di rumah sakit bapaknya. Tunangannya dokter, juga kerja di situ. Saking perhatiannya Bom Yi sama kesehatan gizi para pasien, dia sampe bela-belain subuh-subuh antre di sebuah tempat yang biasa jual daging bagus dengan harga murah. Tapi jumlah pembelian dibatasin. Trus Bom Yi nekad antre lagi. Berantemlah dia dengan satu ahjussi di situ sampe ada yang ngerekam dan mengunggahnya ke yutup. Jadi masalah deh berhubung Bom Yi nyebut nama rumah sakitnya.
 My Spring Days
Tapi nggak terlalu besar sih masalahnya.
Terus Bom Yi pergilah ke Pulau Udo ini buat berterima kasih dengan pendonornya yang dia nggak tau siapa, tapi seenggaknya dia mau pergi ke pulau ini. Sebetulnya di sini dia ketemu lagi dengan si ahjussi, tapi berhubung waktu itu ahjussinya pake masker, dia nggak ngenalin. Kalo ahjussinya mah langsung inget dia ini siapa.
Terus pas lagi jalan, Bom Yi ngliat dua anak kecil lagi makan es krim. Sebetulnya ini anak-anak ahjussi. Eh begitu ngeliat mereka, Bom Yi langsung ngerasa super terharu dan nangis. Yah ketebaklah yaaaaaa bagi pemirsa, siapa pendonor jantungnya.
Terus ternyata ahjussi ini kakak tunangannya. 
Terus Bom Yi jatuh cinta ke si ahjussi. Terus plotnya lebih banyak ke gimana Bom Yi meyakinkan ahjussi kalo dia cinta beneran, bukan karena jantungnya ini kepunyaan mantan istrinya ahjussi. Terus juga gimana ngeyakinin keluarga kedua belah pihak, terutama tunangannya *yaiyalah..*
Ya singkat kata singkat cerita ya Saudara-Saudara, berhubung tranplantasinya udah sukses selama lima tahun, gue pikir ceritanya bakal hepi ending. Tet tooooot! Salah banget T^T
Tapi gara-gara drakor ini, gue berminat untuk jadi pendonor jantung. Maksud gue, kalo emang anggota tubuh gue ini masih berguna bagi orang laen, kenapa nggak?
dan gue mulai gugling deh gimana hukum mendonorkan anggota tubuh dalam Islam. Sejauh ini yang gue tau, donor tubuh yang diharamkan itu adalah kalau pendonornya masih sehat. Jadi, enggak boleh tuh donor mata kalo kamu masih hidup. Apalagi donor jantung. Itu sama aja bunuh diri.
Nah, tapi gue juga belum nemu yang dengan jelas bilang boleh. Ini kan bikin ragu. Maksud gue, perbuatan baik yang didasari niat baik tapi kalo dilarang Allah, apa itu namanya, coba?
Terus pada suatu hari, gue ikutan kelas penyelenggaraan jenazah. Di kelas ini diajarkan cara memperlakukan jenazah. Mulai dari mandiin sampai nguburin. Dan di sinilah gue dapet jawabannya.
Gue baru tau kalo jenazah itu, walaupun itu judulnya dead body ya, tetap harus diperlakukan baik. Mandiinnya nggak boleh kasar. Usapannya harus lembut karena somehow ruhnya masih bisa merasakan sakit. Nah, kalo diusap aja mesti hati-hati, apa kabarnya kalo dibedah? Mayat dibedah pasti nggak pake bius segala, toh? Berarti sakitnya kayak apa ituuuhhhh???? *mendadak merinding*
Terpaksa gue batalin niat gue untuk mendonorkan bagian tubuh mana pun setelah gue meninggal kelak.. maaf ya, teman-teman..


24 komentar:

  1. aku juga mikir gitu kakk..
    dulu sempet pingin donorin organ ke org lain.
    tapi sewaktu nenekku meninggal aku dimimpiin (nenekku blm dimakamin, baru besok siang dimakaminnya)
    katanya kalau sedih bilangin anggota keluarga yg lain jangan peluk2 dan cium2 terlalu banyak karna nenekku sakit katanya.. sambil nangis ngomngnya..
    habis itu baru deh inget kalau org meninggal itu tetep ngerasain sakit.

    Pesan Ruh terhadap orang yang memandikan jasadnya
    - Wahai fulan bin fulan jangan kau mandikan aku dengan air yang terlalu dingin atau air yang terlalu panas sesungguhnya kulit ku telah hangngus terbakar akibat panasnya sakratul maut
    sumber: http://wayang20.blogspot.com/2012/09/jalannya-proses-sakratul-maut-sampai.html

    dari situ langsung batalin niat utk donorin organ hhe.
    *jadi serius bgt commentnya*

    BalasHapus
  2. @zahra hilabi Iya Zahra, alhamdulillah kita tau sekarang ya ^^
    Makasih ud mampir ^^

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah gw juga jadi tau sekarang bil..

    Dulu yang gw pikir cuma masalah keikhlasan keluarga yang ditinggalin aja, misal gw mau donor jantung..nah kalo ada satu aja pihak keluarga gw yang ga ridho kan kasian yang dapet donornya ya..jadi gw mikir ribet deh nih mau donor organ..

    eh taunya dapet penjelasan jauh lebih logis dari pemikiran gw..

    (again) thanks for sharing mak..^o^

    dan tolong yah ini, tiap baca postingan yang ada drakornya akuh jadi mupeng..tapi males kalo episode nya kebanyakan, bikin nagih soalnya haha

    BalasHapus
  4. Oalah aku baru tau. TFS mak.. Drakor ITU endingnya gampang ditebak tapi tetep nagih yaa..

    BalasHapus
  5. mungkin itu juga kenapa suka ada pihak keluarga yang menolak jasad keluarganya diotopsi, ya

    BalasHapus
  6. keputusan yang harus di hormati ya Del. Aku malah gak pernah memikirkan untuk mendonorkan

    BalasHapus
  7. aku jg sempet mikir gitu. trs sama abi dilarang.

    BalasHapus
  8. Gw baru tau mak hukum nya.. Pantes yah banyak kel korban kecelakaan ato apapun yang menolak di otopsi.

    TFS Dellaaaaaa..

    BalasHapus
  9. pokoknya hindari drama korea yg judul nya ada musim dan menghitung hari. ok sip. makasi tipsnya

    BalasHapus
  10. Mulia sekali niatmu, Mbak.
    Udah dicatet tuh niatnya. ;)

    Aku blm nnton pilem yg donor jantung itu. :D

    BalasHapus
  11. Kenapa ya setiap loe posting tentang draKor gue jadi pengen nonton....Walaupun sampai sekarang gue tetap belum tergerak untuk membeli satu pun drama Korea yang baru :D

    BalasHapus
  12. @Santril Coba satu episode dulu, Tril.. hihihi..

    BalasHapus
  13. @anindawahyu Yup. Mungkin karena cara penceritaannya yang bagus ^^

    BalasHapus
  14. @-n- Kayaknya emang banyak ya Mem yang kepikiran untuk donor anggota tubuh. Di Jepang malah ada pendaftaran khususnya dan orang-orang yang terdaftar itu bener-bener menjaga kesehatan mereka. Hebat banget deh niatnya untuk membantu orang :)

    BalasHapus
  15. @idahceris Nonton dong, Idah. Kisahnya indah bangeeeeeeeeeeeetttt..

    BalasHapus
  16. Lah, baru tau deh indikasi antara judul dan ending hihihi...

    Untuk jadi donor jantung dll, memang perlu tekad yah, terlepas dari sakit atau gaknya ketika dibedah. amalnya kan luar biasa :)

    BalasHapus
  17. Mendonorkan darah saya mau mbak, tapi kalau jantung hmmmmm, belum berani dan tidak berani :D

    BalasHapus
  18. @Mayya Iya bener May, perhatiin deh antara judul dan isi filmnya :D
    Bener, salut sama mereka yang mendonorkan anggota tubuh. Mulia banget ^^

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)