Rabu, 13 Mei 2015

Membeli Nama Domain: Diangkat dari Kisah Nyata

Kebiasaan banget dah gue, kalo bikin judul selalu alay :D
Jadi ya, setelah lima tahun pake nama diary-bububil di platform blogspot, gue pun memutuskan untuk beli nama domain.
Buat apa?
Pengin aja. Boleh, kan? Katanya perempuan kan lebih sering belanja karena pengin, bukan karena butuh. Dan gue perempuan *evil grin*
Berhubung nama itu doa, gue nggak mau pake nama bububil lagi. Gue pikir, empat tahun sekian bulan udah cukuplah menyandang nama itu. Gue memutuskan untuk pake nama gue dot com. Dan sebagai orang yang apa-apa harus ikut rekomendasi orang, gue memutuskan beli di www.idwebhost.com, mengikuti jejak Lia :D
Sayangnya, nggak seberuntung Lia yang masih dapet harga di bawah RP100.000,00, gue kena ongkos Rp110.000,00. Tapi nggak apa-apalah, soalnya emang pengin punya domain sendiri :D

Langkah-langkahnya sederhana banget. 
1. Masuk ke website idwebhost
2. Cek dulu nama domain yang kita inginkan, masih tersedia atau enggak
3. Pilih mau beli domain atau beli hosting. Kalo gue beli domain aja, supaya platformnya tetep blogspot. Biasalah, emak ogah ribet :D
4. Setelah selesai order, cek e-mail karena nanti akan ada konfirmasi pembelian dan pilihan pembayaran

Nah, kan gue pake platformnya blogspot, ya. Berarti domain baru gue ini harus di-redirect ke dot com. Besokannya, gue klik tulisan di kanan atas di bawah mbak-mbak baju biru itu untuk live chat dengan support online-nya. Minta dipandu gimana caranya. Tapi berhubung gue ini parah banget ya gapteknya, waktu operatornya bilang, "Sekarang, copas CNAME tadi di manage DNS."
Gue langsung ngerasa kami ngomong dalam bahasa yang berbeda. Untung yaaaaaaaaaaaaa sesuai dengan namanya, operator idwebhost ini support banget. Tiap gue nanya, dijelasin. 
Akhirnya, tadaaaaaaaaa... www.dellafirayama.com pun lahir ^^
Habis ini sih niatnya mo ngutak-ngatik header dan ganti template. Tapi nggak tau kapan, wkwkwkwk....

24 komentar:

  1. kayak abis lairan ya,,, jadi dot.com
    pengen deh, tapi takutnya statistik yg udah dikumpul ilang

    BalasHapus
  2. @Gustyanita Pratiwi Hihihi.. iya, punya anak baru :D
    Statistik apa yang dikumpulin?

    BalasHapus
  3. @Gustyanita Pratiwi

    sepertinya enggak kok, punyaku statnya masih nyambung sama wkt masih maen blogspot.

    BalasHapus
  4. Pengen tapi ribet kayanya kalau gaptek :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Jovi, makasih kunjungannya. Nggak terlalu ribet kok, apalagi support team-nya membantu banget :)

      Hapus
  5. Ish..cape-cape gue skrinsyut...otak atiknya kapan tau. -__-"

    Btw Della, pang bilangin sama masnya "saya ikut prihatin..." :))))) *kesian amat yaa itu CS..lagi apes beneran pas cetingan ama elu xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucky me, dapet mas-masnya yang superrrrrr sabar :D

      Hapus
  6. Hebat loh Della utak atik sendiri, smapai ngedirect sendiri. AKu harus belajar juga nih ngedirect sendiri, pingin beli domain lagi. Terlalu keenakan di urusin sama suami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan diurusin suami, Mbak. Aku kayaknya abis ini mo gangguin bapake kalo mo ganti template, hihihihi..

      Hapus
  7. Oiya ya Del, udah ganti ya. Selamat yaaaaa. Jadi semakin keren dong blognya ya!

    BalasHapus
  8. ihiiiyyy selamat yaaaa *tebar confetti*
    gue juga cuma beli domainnya aja Del, ntar kalo udah butuh banget, baru beli hostingnya..untuk sekarang sih pake platformnya cukup blogspot ae.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue nggak kebayang apa jadinya kalo kemaren sok-sokan beli hosting juga, wkwkwkwk..
      Iya kita mah mending pilih yang ringkes ajalah ya, bebas remfong :)

      Hapus
  9. yeay, selamat yah mba Della, akhirnya punya rumah sendiri *aku maish ngontrak diwp* hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga masih ngontrak kok, Yan. Cuma bayar sewa aja :D

      Hapus
  10. Yeay keren, Del... ^_^
    Pasti tambah rajin ngeblognya... ^_^

    BalasHapus
  11. Yeay keren, Del... ^_^
    Pasti tambah rajin ngeblognya... ^_^

    BalasHapus
  12. Turut ngucapin selamat, atas domain barunya. Salam kenal ya, saya follow blognya ya mbak

    BalasHapus
  13. yeayy ada yang baru,,, aku baru tahu :p

    BalasHapus
  14. waduh! namaku disebut ternyata. baru baca :)))

    BalasHapus
  15. @lia nurmalasari Nanti bakal sering disebut kalo aku praktekin tips-tipsmu yang berguna itu, Lia ;)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)