Selasa, 19 November 2013

Mengayuh 30 Km

Jadi ya, gambar di bawah ini lagi rajin banget seliweran di Path.


Idenya bagus. 
Salah satu penyebab kemacetan (mo bilang satu-satunya, takut ditimpukin pengendara kendaraan pribadi :p) di Jakarta kan, memang bertumpuknya kendaraan pribadi di jalan raya. 
Tapi sepeda, menurut gue, juga bukan jalan keluar terbaik, sih. 
Men, 30 km ngayuh sepeda??? Kalo buat gue, tiga rebu perak mah, kurang banget. Minimal gue mesti panggil tukang urut tiap malem (PP kan jadi 60 km), udah gitu, begitu sampe kantor pastilah super laper. Kluar lagi duit buat beli nasi uduk atau lontong sayur. Selesai ngantor, masih ngayuh lagi sampe rumah. Bukannya 30 km itu Slipi-Depok, ya? Ngayuh????!
Mesti diurut lagi penyebab orang beli kendaraan pribadi. Kenapa hayo? Karena kendaraan umumnya enggak ramah. Ngetem, banyak copet, desek-desekan, panas. 
Buktinya, begitu ada transjakarta (TJ) dan commuter line (CL), temen-temen gue pada ninggalin mobilnya di rumah, tuh. Dan lebih milih naek TJ atau CL. Walaupun dua alat transportasi itu juga sering bermasalah, temen-temen gue tetep setia. Karena nyetir itu juga capek, sebetulnya. Kalo naek transportasi umum kan, tinggal duduk, sampe.
Bersepeda itu efektif kalo kantornya deket dari rumah.
Jadi, selain bersepeda, jumlah kendaraan umum yang nyaman juga mesti ditambah. 
Dan btw, emangnya DP rumah tipe 36 masih Rp15 juta di Jakarta? Really? Setau gue udah Rp45 juta deh.. 
Dan kenapa dia enggak bahas motor, ya? Hehehehe..

20 komentar:

  1. Untung ya aku tinggalnya di desa, gak macet

    BalasHapus
  2. hahaha, lontong sayur, nasi uduk pake jengkol :D

    utk kondisi2 tertentu mgkn bisa yah pake spedah :D

    tetep masi padet sih klo kantor ngga disebar, pembangunan ngga mrata (caleg)

    BalasHapus
  3. embyeer kaga mungkin dah dp rumah type 36, 15 jetong doang...mungkin adaa..tapi pasti dipelosok banget dah..

    dan yak bener, kalo kerja bersepeda di luar negri macem jerman atau tempatnya Bebe, mah ok2 aja kali ya 30 km, secara pemandangannya pasti keren dan terutama udara sejuk.

    Nah ini Jakartaaaa gitu looh...ga yakin gue ada yang mau ngayuh sepeda sejauh itu, setiap hari pulaa... ;p

    BalasHapus
  4. wah kalo ayu ke kantor malah gratis mba..
    tinggal nyebrang jalan gede aja
    _salah satu keindahan tinggal di daerah

    BalasHapus
  5. enaknya itu klo kantor dkt dr rmh jd tinggal jalan hahahaha *ngayal gw*

    Iya yah knp mtr ga dibahas coba yak..

    BalasHapus
  6. lebih suka naik commuterline atau busway... :) tinggal duduk ato berdiri trus nyampe..

    BalasHapus
  7. gw mah ngeri kalo ngantor pake sepeda, lalu lintasnya barbar, bisa jantungan duluan gw qeqeqeq..

    kenapa motor ngga dibahas? itu karena...errr...anu...itu...*ilang sinyal*

    hahahaha

    BalasHapus
  8. Nah!! Iya... kenapa motor gak dibahas yah?? Soalnya, gak salah, emang mobil yang bikin macet. Tapi motor itu bumbu yang sangat passss.... Dengan kata lain, mobil & motor sebenernya saling membantu dalam membuat macet #dibahas_tuntas.

    BalasHapus
  9. waduh jarak rumah ke sekolah pascal 1KM aku masih naik motor :) Allhamdulilah sudah gak kerja jadi aku gak ikut maect2an lagi

    BalasHapus
  10. setuju dengan dirimu.... naik sepeda itu belum tentu aman, lha jalan kaki aja diklaksonin mulu (curcol)
    lagian kalau jauh ya mana mungkin naik sepeda, naik motor aja capeeekk...btw dirimu 30km? di jakarta pula? wooow....

    trus 15 juta buat DP tipe 36? dimana? ngayal.... di sidoajo aja udah pinggiran...

    BalasHapus
  11. @Desi
    Hahahaha.. di sini juga kalo udah ampe 30km lebih milih naik mobil atau bus yaaa.. Jauh booook 30km tuuuh..

    BalasHapus
  12. hohohhh.. perlu ditambah biaya beli koyo / salonpas eonn :D kalo naik sepeda segitu jauhnya..

    BalasHapus
  13. waaaak udin lama banget aku ga kesini del... maapkeun jarang bw..... etapi bener sih aku juga klo disuruh naik sepeda masih belom PD karena kendaraan lain juga masih belom ramah sama sepeda yang ada diklaksonin mulu...

    BalasHapus
  14. hahaha ajegile aja 30 km sepedaan..iya kalo jalannya datar-datar aja...kalo turun naik kaya kerumahku yang di gunung ini, apa kabar tuh betis? :p

    BalasHapus
  15. hihii aku selalu nyengir baca gaya bahasa Mbak Della :D

    dah lama juga ya ga bersua ke blog ente, mbak

    BalasHapus
  16. sebenernya asik2 aja sih naik sepeda 30 km, kalo ga duluan di serempet motor dijalan hahahaa

    BalasHapus
  17. Sepertinya memang kalo kendaraan umumnya diperbaiki menjadi nyaman, pastinya banyak yg pindah menggunakan kendaraan umum ya...

    BalasHapus
  18. @ della,
    DP nol persen juga ada kok.
    Tapi mungkin lokasinya belum di create di Gugelmep.

    #pengalaman-Pernah-Suka-Tergiur-Iklan-Rumah

    BalasHapus
  19. jarak rumah gw 33KM aja dari Monas.

    Dan ogah banget gw genjot sepeda 66KM pp. Betis bisa berkonde nanti.

    Dan gak akan juga segitu PD nya gw naik motor pp. Tambah bengkok nanti tulang gw. Hahaha

    naik KRL udah cukup bagi gw membantu mengurangi kemacetan jalan raya jakarta.

    15jt itu tanda jadi rumah tipe 36 jaman sekarang kalii. Atau bener kata Indah, rumahnya pasti jauuuhhh banget. Tempat jim backstreet pastiu tuh, secara jin pasti udah males buang anak kesana saking jauhnya. Huahahaha

    BalasHapus
  20. @masrafa.com Iya, KRL emang bantu banget, Mbak :)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)